blog ini berisi tugas-tugas kuliah dan beberapa info-info lainnya terkait kefarmasian yang diharapkan bisa membantu sodara-sodara, kerabat, dan teman-teman sekalian...^^

Cacar air Part 2

Cacar air part 2.
Masih bahas tentang cacar air. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman.
Saya tidak tahu apakah hanya saya yang bertanya-tanya, apakah kita terkena cacar air hanya sekali seumur hidup, atau itu hanya mitos.
Pertanyaan itu membuat saya gundah gulana yang tak kunjung reda.

Saat itu teman saya, kebetulan dari kecil belum pernah jadi korban virus varicella-zoster. Karena belum pernah, saat berumur 23 tahun dia baru menjadi korban akibat penularan dari temannya. Jadi ceritanya ini orang agak songong ya, belum pernah kena tapi berani gak jaga jarak dengan orang yang sedang sakit cacar air. Akhirnya dia pun menjadi korban berikutnya.

Hari pertama mulai muncul bintik merah sedikit, disertai dengan demam dan tidak enak badan. Karena saya songong juga (gak jauh beda lah sama dia), saya 'jagain' dia, makan, dan tidur bersama di satu kamar. Sebelumnya saya mau perjelas dulu kalau teman saya itu berjenis kelamin perempuan, agar tidak terjadi kesalah pahaman imajinasi yang terlalu jauh. Saya sebut saja inisialnya Meta Kartika S. #Biar eksis dikit lah namamu cik

Dengan kedekatan tersebut, saya juga sekalian ingin menguji apakah orang yang sebelumnya sudah pernah terkena cacar air, masih bisa terinfeksi atau tidak. 

Faktanyaaa.. jeng.jengg.. (barongsai lewat dulu)

Sekitar hari ketiga saya mengalami demam dan tidak enak badan. Karena agak takut, saya rutin minum multivitamin selama 2 minggu. Gak perlu tau lah ya multivitaminnya apa. Ntar dikira promosi, kan gawat. Iya, saya waktu itu minum imb**st.
Demam dan tidak enak badan dirasakan hanya pada hari ketiga. Hari berikutnya kondisi tubuh mulai kembali biasa saja. Hingga setelah 2 minggu pun, saya tetap baik-baik saja, alhamdullilah tanpa kekurangan suatu apapun.


Apa yang saya share ini, BUKAN berarti menyimpulkan orang yang sudah pernah terinfeksi pasti tidak akan pernah terinfeksi lagi. Dan juga bukan berarti harus mengikuti cara saya di atas, terutama bagi orang yang lebih rentan.  Daya tahan tubuh tetap harus dijaga, karena jika tidak, kemungkinan masih bisa terinfeksi. 

Sadari bahwa kita sebagai manusia tidak akan pernah terhindar dari penyakit jika kita sendiri tidak menjaga kesehatan tubuh, tidak menjaga pola makan, dll.

Teman-teman atau pun sodara kita yang terinfeksi cacar air, yang butuh bantuan dan pertolongan juga bukan untuk dihindari atau dianggap menulari, tetapi kita sebagai makhluk sosial terlebih lagi yang berperan di dunia kesehatan justru sebaiknya saling menolong, tau bagaimana cara menanggapi, dengan tetap menjaga diri dan meminimalisir penularan sebisa mungkin, minimal menggunakan masker, jaga daya tahan tubuh, sering mencuci tangan, dll.

Salam Semangat!

0 Komentar untuk "Cacar air Part 2"

Back To Top