blog ini berisi tugas-tugas kuliah dan beberapa info-info lainnya terkait kefarmasian yang diharapkan bisa membantu sodara-sodara, kerabat, dan teman-teman sekalian...^^

Gambaran Soal UKAI

Disini saya akan sedikit sharing tipe soal UKAI. UKAI adalah Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia. Maaf, maksud saya, itu kepanjangan dari kata UKAI bukan pengertiannya. Seperti yang kita tahu, kompetensi Apoteker akhir-akhir ini tidak hanya dilihat dari ujian komprehensif saja atau bahkan beberapa Universitas sudah menerapkan tes OSCE, dalam waktu dekat ini akan diberlakukan tes UKAI dalam penentuan kelulusan seorang Apoteker. Mulai tahun 2015 kemaren, sudah dilaksanakan beberapa tes uji coba / Try Out UKAI

Tanggal 30 Januari 2016 kemarin, ribuan calon Apoteker seIndonesia mengikuti tes UKAI (uji coba). Tes ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi yang dimiliki para calon apoteker sebelum mengucap sumpah jabatan. Walaupun hanya uji coba, tes UKAI ini cukup menegangkan buat saya pribadi yang sebelumnya belum memiliki gambaran seperti apa tes UKAI, soal seperti apa yang akan muncul, terlebih lagi saya sarjana farmasi berlatar belakang sains teknologi.

Saya disini menulis postingan dengan tujuan memberikan gambaran pada teman sejawat yang akan menghadapi UKAI nantinya atau mungkin hanya untuk sekedar tahu saja. Tes UKAI merupakan tes berbasis CBT. CBT itu Computer-Based Test. Jadi teman teman tidak perlu repot mempersiapkan alat tulis, tidak perlu sibuk membeli pensil dan penghapus. Cukup membawa diri saja, modalnya cuma pengetahuan teman teman. 

Selama mengikuti tes UKAI ada beberapa peraturan yang harus teman teman perhatikan dan patuhi. Ya tidak jauh beda seperti peserta Miss Universe dan sejenisnya, teman teman bakal dikarantina sebelum tes dimulai. Dikarantina dan diisolasi dari dunia luar karena teman teman selama sekitar satu jam tidak diperbolehkan menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun, aksesoris, termasuk jam tangan, kunci, kecuali kacamata, masih diperbolehkan. Gawat dong kalau kacamata gak dibolehin pake.

Tes berlangsung selama kurang lebih 200 menit dengan mengerjakan 200 soal. Jadi ya anggap saja satu soal dikerjakan dalam 1 menit. Tadinya saya berpikir soal UKAI semuanya merupakan soal klinis. Tapi ternyata tidak hanya klinis, juga ada soal formulasi (sains teknologi).
Sangat dianjurkan kepada teman teman untuk mempelajari soal tahun sebelumnya ataupun bertanya pada kakak angkatan yang sebelumnya telah mengikuti tes UKAI terkait dengan soal apa saja yang muncul karena sebagian besar tipe atau topik soal yang muncul adalah sama.

Saya sedikit sharing tentang soal UKAI. 
  1. Teman teman sebaiknya belajar terkait obat hipertensi, karena akan muncul kasus, pasien dengan keluhan tertentu, kemudian teman teman disuruh menentukan obat apa yang sesuai dengan pasien tersebut.
  2. Pelajari tidak cuma obat hipertensi saja tetapi obat lain juga, seperti obat diabetes, tifus, golongan obat.
  3. Pelajari efek samping obat tertentu. Contoh yang muncul ialah efek samping obat berupa batuk kering. Teman teman disuruh menjawab obat apa yang menyebabkan efek samping tersebut. Jawabannya yaitu captopril. Efek samping codein, dll.
  4. Pelajari obat narkotika dan psikotoropika, OWA.
  5. Pelajari apa saja terapi obat pertama yang dapat diberikan pada pasien untuk penyakit tertentu.
  6. Pelajari kontraindikasi obat. Obat mana yang tidak boleh diberikan pada ibu hamil, menyusui, balita, pasien dengan gangguan ginjal dan hati,dll. Contoh salah satu soal yang muncul yaitu pemberian tetrasiklin tidak dianjurkan untuk balita karena dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Antibiotik apa yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui. Obat mual yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.
  7.  Salah satu soal yang muncul yaitu kadaluarsa obat. Contoh kadaluarsa obat A yaitu bulan Mei 2016. Pada tanggal berapa sebaiknya obat tidak digunakan lagi.
  8. Pelajari materi formulasi, salah satunya yaitu metode kempa pada tablet. Sifat bahan yang akan dibuat dalam bentuk tablet. 
  9. Pelajari CPOB, salah satunya yaitu macam macam kelas ruang produksi atau non produksi.
  10. Pelajari cara menghitung clirens, dosis, membaca resep.

Intinya sepertinya ya belajar semua ya. hehe. Yang saya sebutkan merupakan contoh materi yang muncul saat UKAI kemarin dan muncul juga saat try out sebelumnya. 
Sepertinya soal tidak terlalu berbeda jauh.

Keep Calm Guys, Stay Cool. 
Salam Semangat!

Tag : Farmasi
7 Komentar untuk "Gambaran Soal UKAI"

Makasih sharingnya kakk, boleh nanya kak, UKAI ini ada sistem minusnya kak?

This comment has been removed by the author. - Hapus

@Maria: tidak ada sistem minus. Jadi lebih baik semua soal diisi. Tetap perhatikan dan pahami baik2 peraturannya ya sebelum ujian dimulai

Terimakasih infonya kakak 😊😊😊

Minimal deposit 50rb
Bonus member baru 30%
Bonus harian 5%
Aman & Terpercaya
hanya di bit.do/bolay0

Whatsapp kami
bit.do/WA_BOLAYO

+6282321807397

Back To Top