blog ini berisi tugas-tugas kuliah dan beberapa info-info lainnya terkait kefarmasian yang diharapkan bisa membantu sodara-sodara, kerabat, dan teman-teman sekalian...^^

Praktek Kerja Profesi Apoteker / PKPA, Industri, PKPA Kelima

Akhirnya sampai juga di postingan PKPA / Praktek Kerja Profesi Apoteker yang kelima. PKPA kelima dan juga yang terakhir sebagai penutupan di penghujung tahun 2015 dilaksanakan di salah satu industri yang berada di salah satu kota di Indonesia. Jiah.. 
Di Jababeka, Cikarang. Dari Bandung naik kereta kencana ke Cikarang. Berasa pindah dari gunung es ke gurun sahara ya. Bangun tidur basah basahan gitu kan, kirain atap nya bocor ternyata enggak. Tapi gak begitu panas kok (berusaha menghibur), kebetulan pas musim hujan di akhir november, jadi ya tidak terlalu menderita.. Hmm..walaupun sebenarnya tetap cukup menderita sih.

PKPA di industri dilaksanakan sama seperti PKPA yang lain dalam waktu yang sangat cepat.... cepat lelah. Yap, 2 bulan. Sama seperti PKPA sebelumnya juga, hari pertama diisi dengan perkenalan dan orientasi. Karena kami sekelompok hanya bertiga,.Udah kayak cherry bell gtu ya. eh maksudnya trio macan. Kalo ini kayaknya trio kucing. Karena hanya bertiga jadi satu department diisi oleh 1 orang mahasiswa saja. Kebetulan saya memang dari lahir sudah minat di Quality, jadi saya memilih di bagian Quality. Ingin mendapat gambaran sebenarnyaa seperti apa sih kegiatan di Quality ituh. Kepo gitu ceritanya.

Dua bulan saya di departemen Quality khususnya di QA. Lumayan menyenangkan dan lumayan sibuk juga ternyata. Berkeluh kesah dengan dokumen dokumen, dari pagi sampai sore yang dilihat komputer sama keyboard doang, ya terkadang ada juga sih lihat alat alat geto di lab atau pun ruang produksi.

Selama dua bulan saya:
  1. Senin sampai jumat bangun jam 7.15, berangkat jam 7.30 naik bus ke tempat kerja. Pulang sampai di rumah (rumaah??) maksud saya kos, jam 17.15. Semua jam yang saya sebutkan dalam WIB ya. Bukan WITA ataupun WIT.
  2. Sabtu minggu berburu wifi karena kebetulan kos nya gak ada wifi.
  3. Makan siang empat sehat 5 sempurna, Wuih.. ini bagian yang saya suka. Gratis pula
  4. Makan malam..hmm.. empat 5 sempurna. Gak ada sehatnya kayaknya. #Beli sendiri
  5. Fitnes.. Cie elaah. rajin ya. Ya iseng2 doang sih. Cuma sebulan doang.
  6. Ini baru serius. Terkait dengan PKPA di industri terutama di bagian QA saya mengerjakan performance qualification report, protokol, revisi report, membuat label kalibrasi dan sertifikat kalibrasi, kadang membuat WI juga,membantu jadi admin, membantu supervisor buat jadwal kualifikasi, bantu kualifikasi isolator di ruang produksi, bantu closing CAPA / Corrective Action Preventive Action.
  7. Kalau di toilet sambilan numpang tidur bentar, berhubung toiletnya nyaman.
  8. Mulai merasa jenuh karena mungkin baru pertama kali merasakan dunia kerja, deadline sana sini, kerjaan menumpuk.
Mungkin itu saja yang bisa saya share ke temen2 dari pengalaman semua PKPA saya pertama sampai kelima. Saya berharap buat temen2 yang sedang atau telah menjalani PKPA sudah menemukan passionnya dimana. Karena passion sangat penting dalam menuntun kita melakukan suatu pekerjaan.

Cintai apa yang kamu kerjakan, maka semuanya akan terasa ringan ,tidak terbebani.

Salam semangat! 
Tag : Farmasi
1 Komentar untuk "Praktek Kerja Profesi Apoteker / PKPA, Industri, PKPA Kelima"

Minimal deposit 50rb
Bonus member baru 30%
Bonus harian 5%
Aman & Terpercaya
hanya di bit.do/bolay0

Whatsapp kami
bit.do/WA_BOLAYO

+6282321807397

Back To Top