blog ini berisi tugas-tugas kuliah dan beberapa info-info lainnya terkait kefarmasian yang diharapkan bisa membantu sodara-sodara, kerabat, dan teman-teman sekalian...^^

Minum Obat Bersamaan Dengan Susu, Masalah ?

Setiap orang pasti pernah kan ya minum obat. Nah, terkadang cara minum obat setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang diminum sama air putih, ada yang sama air mineral (apa bedanya??), ada yang ditelan sama roti, ada yang obatnya bentuk tablet di rumah ditumbukin mpe hancur, ada yang obatnya bentuk kapsul, mpe di rumah dibuka lagi kapsulnya, ditelen serbuk obatnya mpe kerasa pahit di lidah #nostalgia, ada juga yang minum obat sama bir #becanda..sepertinya tidak ada..hehe, ada juga yang biasanya sarapan paginya dengan susu terus jadwal minum obatnya pas di pagi hari, minumnya bareng susu. Nah, sebenarnya masalah gak sih minum obat  bersamaan dengan susu? 

Tidak hanya dengan makanan, obat yang diminum dengan obat lain pun bisa ada interaksi yang dapat menyebabkan efek samping tertentu, semuanya tergantung pada obatnya sendiri (obat-obat tertentu). Nah, untuk obat yang tidak dianjurkan diminum bersamaan dengan susu, contohnya biasanya obat antibiotik (antimikroba), dimana ketika diminum bersamaan dengan susu atau makanan yang mengandung kalsium, besi, magnesium, dll, akan menurunkan absorbsi dari obat tersebut. Kalau bahasa mudahnya absorbsi itu maksudnya penyerapan obat tersebut ke dalam tubuh kita.

Setelah membaca-baca nih, buku yang berjudul Biopharmaceutics Application in Drug Development (Krishna.R dan Yu. L) #bacanya buku bahasa inggris nih..wkwkk(karena tugas), obat ciprofloxacin, suatu obat antimikroba, akan dapat membentuk ikatan kelat dengan kation multivalent seperti aluminium, besi, magnesium, kalsium, dimana akan menurunkan absorbsi dari obat ini sehingga mengakibatkan hilangnya efek dari obat tersebut. Kan sayang tuh sudah diminum obatnya malah tidak memberikan efek.

Baca-baca buku lagi nih, judulnya Sehat Itu Enak dan Perlu oleh dr. Sintoso Pujianto, absorbsi dari obat tetracycline (tetrasiklin) akan menurun, karena adanya kelasi kalsium dan besi dalam diet. Disarankan, tidak meminum susu atau mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat tersebut pada waktu yang sama saat meminum obat tetrasiklin.

Nah, sekarang terjawab tuh pertanyaanya. Jadi sarannya, jika meminum obat-obat antibiotik tertentu, sebaiknya ya diminum sewajarnya ya, diminum sama air putih aja..hhehe..

Atau mungkin tidak hanya obat antibiotik saja, bisa juga obat tertentu lainnya yang ditakutkan memberikan efek yang tidak kita inginkan ketika diminum bersamaan dengan susu atau makanan lain yang mangandung zat-zat tersebut. Maka untuk informasi selanjutnya bisa ditanyakan lagi sama dokter atau apoteker ketika hendak berobat, sehingga bisa lebih jelas lagi gimana aturan pemberian obatnya, dan yang terpenting biar bisa cepat sembuh ketika minum obatnya. Salam Sehat ^^
Tag : Farmasi
1 Komentar untuk "Minum Obat Bersamaan Dengan Susu, Masalah ?"

Minimal deposit 50rb
Bonus member baru 30%
Bonus harian 5%
Aman & Terpercaya
hanya di bit.do/bolay0

Whatsapp kami
bit.do/WA_BOLAYO

+6282321807397

Back To Top