blog ini berisi tugas-tugas kuliah dan beberapa info-info lainnya terkait kefarmasian yang diharapkan bisa membantu sodara-sodara, kerabat, dan teman-teman sekalian...^^

Jurnal Serum Alpha-L-Fucosidase Enzyme Activity as a Marker For Hepatocelluler Carcinoma : Comparison with AFP Using ROC Analysis


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Hepatocellular carcinoma (HCC) adalah penyakit jenis tumor yang ditemukan pada hati. Di Amerika Serikat lebih dari 500.000 kasus dijumpai tiap tahunnya dan merupakan kanker ke tujuh terbanyak yang ditemui pada pria dan merupakan kanker ke sembilan terbanyak pada wanita. Untuk beberapa orang dengan kanker hati, tidak ada gejala, bahkan pada tahap akhir dari penyakit. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh tumor kanker tidak pernah benar-benar mempengaruhi fungsi keseluruhan organ. Namun, itu juga sangat mungkin bahwa gejala orang yang mengalami begitu halus sehingga mereka tidak pernah menyebabkan gejala apapun.
Hal ini yang menyebabkan deteksi dini sangat penting dalam mengetahui dari tipe kanker ini. Enzim α-L-Fucosidase sudah direkomendasikan sebagai penanda untuk HCC pada tahap awal di banyak Negara. Banyak yang menggunakan Alpha-Fetoprotein (AFP) sebagai penanda HCC. Oleh karena itu, peneliti melakukan uji untuk membandingkan enzim Alpha α-L-Fucosidase dan Alpha-Fetoprotein (AFP) dalam deteksi dini pada penyakit Hepatocellular carcinoma (HCC).

B.     PERMASALAHAN
1.      Bagaimana perbandingan antara enzim α-L-Fucosidase dan AFP dalam mendeteksi dini penyakit Hepatocellular carcinoma (HCC) melalui analisa ROC?

C.     TUJUAN
1.      Untuk mengevaluasi tingkat aktivitas α-L-Fucosidase pada deteksi dini dari HCC.
2.      Untuk mengevaluasi tingkat aktivitas AFP pada deteksi dini dari HCC.
3.      Untuk mengetahui perbandingan antara enzim α-L-Fucosidase dan AFP dalam mendeteksi dini penyakit Hepatocellular carsinoma(HCC) melalui analisa ROC.

D.    MANFAAT
1.      Dapat mengetahui pengaruh  enzim α-L-Fucosidase pada penyakit Hepatocellular carsinoma(HCC).
2.      Dapat mengetahui metode lain yang dapat digunakan dalam mendeteksi HCC.
3.      Dapat membandingkan cara pendeteksi dini antara enzim α-L-Fucosidase dan AFP pada penyakit Hepatocellular carsinoma(HCC) melalui analisa ROC.
E.     DASAR TEORI

ENZIM
Enzim adalah polimer biologis yang mengkatalisis reaksi kimia yang memungkinkan berlangsungnya kehidupan. Keberadaan an pemeliharaan rangkaian enzim yang lengkap dan seimbang merupakan hal yang essensial untuk menguraikan nutrient menjadi energi dan bahan dasar kimiawi ; menyusun bahan-bahan dasar tersebut menjadi protein, DNA, membrane, sel, dan jaringan ; serta memanfaatkan energi untuk melakukan motiiitas sel , fungsi saraf, dan kontraksi otot (Murray, 2009).
Menurut  Commision on Enzymes of the International Union of Biochemystry, enzim dibagi menjadi enam golongan berdasarkan peranannya dalam suatu reaksi kimia, yaitu :
1.      Oksidoreduktase (enzim yang dapat mengkatalisis oksidasi dan reduksi).
2.      Transferase (enzim yang dapat mengkatalisis pemindahan gugus, seperti ; gugus glikosil, metil,  atau fosforil).
3.      Hidrolase (enzim yang dapat mengkatalisis pemutusan hidrolitik C-C, C-O, C-N, dan ikatan lainnya).
4.      Liase (enzim yang dapat mengkatalisis pemutusan C-C, C-O, C-N, dan ikatan lainnya dengan eliminasi atom yang menghasilkan ikatan rangkap).
5.      Isomerase (enzim yang dapat mengkatalisis perubahan geometrik atau struktural di dalam satu molekul).
6.      Ligase (enzim yang dapat mengkatalisis penyatuan dua molekul yang dikaitkan dengan hidrolisis ATP) ( Poedjiadi, 2006 ).


Untuk lengkapnya bisa download di link ini

http://downloads.ziddu.com/download/23691437/Makalahbiokimfixsudahdirevisi.docx.html

 



2 Komentar untuk " Jurnal Serum Alpha-L-Fucosidase Enzyme Activity as a Marker For Hepatocelluler Carcinoma : Comparison with AFP Using ROC Analysis"

saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
mantap ini, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Back To Top