blog ini berisi tugas-tugas kuliah dan beberapa info-info lainnya terkait kefarmasian yang diharapkan bisa membantu sodara-sodara, kerabat, dan teman-teman sekalian...^^

Laporan Praktikum Farmakognosi-Fitokimia (Identifikasi Simplisia, Uji Kemurnian, Skrining)


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1      Latar belakang
Tumbuhan memiliki banyak kandungan senyawa kimia yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat. Terkadang, banyak penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan obat kimia melainkan dapat disembuhkan dengan obat alami dari tumbuhan.
Curcumae domesticae Rhizoma ( rimpang kunyit) adalah salah satu simplisia yang banyak digunakan sebagai bahan alami dalam pembuatan obat. Curcumae domesticae Rhizoma (rimpang kunyit)  digunakan sebagai obat analgesik dan penambah nafsu makan. Sebelum diolah menjadi bahan obat simplisia yang digunakan harus memenuhi standar dan persyaratan yang sudah ditetapkan, khususnya persyaratan kadar senyawa yang terkandung dalam simplisia.
Untuk mengetahui mutu dari simplisia yang akan kita gunakan, dapat dilakukan pemeriksaan yaitu secara organoleptik, makroskopik, mikroskopik, serta secara kimia. Mengetahui kandungan senyawa apa saja yang terkandung dalam simplisia yang akan kita gunakan juga penting dalam pemanfaatan simplisia tersebut untuk pengobatan.
Dari uraian tersebut maka praktikan melakukan identifikasi simplisia, uji kemurnian, dan skrining fitokimia sehingga dapat diketahui kemurnian dan senyawa apa saja yang terkandung dalam simplisia tersebut.
1.2      Perumusan Masalah
a. Dari identifikasi simplisia, bagaimana organoleptis dan mikroskopis dari Curcumae  domesticae Rhizoma ( rimpang kunyit) ?
b.  Dari uji kemurnian, bagaimana kadar murni dari Curcumae domesticae Rhizoma       ( rimpang kunyit) ?
c.  Dari skrining fitokimia, golongan senyawa apa saja yang terdapat pada Curcumae domesticae Rhizoma ( rimpang kunyit) ?


1.3           Tujuan
a.       Untuk mengetahui identifikasi simplisia Curcumae domesticae Rhizoma (rimpang  kunyit) secara makroskopik dan mikroskopik.
b.      Untuk mengetahui kemurnian dari simplisia Curcumae domesticae Rhizoma             (rimpang kunyit).
c.       Untuk mengetahui golongan senyawa yang terdapat pada simplisia Curcumae domesticae Rhizoma (rimpang kunyit).

1.4           Manfaat
a.       Sebagai bahan informasi tentang fragmen mikroskopis khas yang terdapat dalam Curcumae domesticae Rhizoma  (rimpang kunyit).
b.      Sebagai bahan informasi tentang kemurnian dari simplisia Curcumae domesticae Rhizoma  (rimpang kunyit).
c.       Sebagai bahan informasi tentang golongan senyawa yang terdapat pada simplisia Curcumae domesticae Rhizoma (rimpang kunyit).



Makalah ini mencakup laporan praktikum farmakognosi-fitokimia unit 1 (identifikasi simplisia), unit 2 (uji kemurnian simplisia), dan unit 3 (penapisan/skrining fitokimia).
Untuk lengkapnya, bisa download di link ini:



0 Komentar untuk "Laporan Praktikum Farmakognosi-Fitokimia (Identifikasi Simplisia, Uji Kemurnian, Skrining)"

Back To Top